Fungsi dan Kegunaan Kemasan pada Suatu Produk

Setelah paham apa yang dimaksud dengan kemasan atau package, maka penting juga untuk diketahui apa fungsi dan kegunaan kemasan pada suatu produk. Fungsi utama dari suatu kemasan adalah untuk melindungi produk tersebut dari kerusakan yang mungkin timbul, dan menjamin produk tersebut tahan lama, aman dalam proses pengiriman dari produsen, distributor, toko hingga ke konsumen. Pertumbuhan toko retail modern menunjukkan bahwa kemasan menampilkan fungsi pemasaran yang jauh dari peran utama sebagai kemasan dan pelindung produk. 

Di era toko retail modern saat ini, manfaat kemasan ini antara lain untuk: 
  1. Menggambarkan perhatian pada sebuah merek, 
  2. Memisahkan merek dari kumpulan produk yang kompetitif pada poin-pembelian, 
  3. Menyesuaikan harga/nilai bagi konsumen, 
  4. Menandakan/mengartikan berbagai fitur dan keuntungan merek, dan akhirnya 
  5. Memotivasi pilihan merek konsumen. 
Pengemasan secara khusus penting untuk memberi kesan berbeda dari berbagai jenis produk yang sama. Perbedaan pada kemasan ini tentunya akan lebih cepat dikenal oleh konsumen yang akan membeli produk tersebut. 

Sumber: google image search


Fungsi Kemasan

Fungsi kemasan dalam produk adalah sebagai berikut:

1. Kemasan sebagai Alat Komunikasi

Kemasan suatu produk tidak saja harus menarik dan mampu mempertahankan perhatian konsumen, namun juga harus mampu menyampaikan informasi mengenai komposisi produk, cara pemakaian, berat produk, tanggal produksi, manfaat, dan lainnya disesuaikan dengan isi produk tersebut. Misalnya produk makanan tentu berbeda informasi yang tertera dengan produk obat, kosmetik, atau sabun. Dengan informasi yang dicantumkan pada kemasan, tentunya menjadi media komunikasi dengan konsumen tentang produk tersebut.

Desain kemasan juga harus dibuat menarik dengan berbagai elemen visual yang dapat dipahami oleh konsumen dengan latar belakang yang berbeda.

2. Kemasan sebagai Pelindung

Fungsi dasar dari kemasan adalah sebagai wadah, tempat penyimpanan suatu produk agar terlindungi. Dalam 40 tahun terakhir, keamanan produk juga menjadi fokus perhatian pada pembuatan kemasan. Kita semua telah belajar menangani kemasan “aman dari jangkauan anak-anak” yang sulit dibuka. Dan setelah berbagai kasus kerusakan produk terjadi sepanjang tahun 1980, sekarang sebagian besar produsen pembuat makanan membuat produk mereka dalam kemasan yang tidak mudah rusak.

3. Memberikan Kemudahan dalam Penggunaan

Kemasan dapat memberikan kemudahan layanan, mempengaruhi konsumen serta meningkatkan citra perusahaan dan produk. Banyak perusahaan yang memanfaatkan kemasan sebagai media mengkomunikasikan positioning-nya. Disamping itu kemasan juga dapat dijadikan peluang untuk melakukan inovasi.

4. Memberikan Daya Tarik terhadap Konsumen

Kemasan seringkali menjadi penarik bagi konsumen untuk memberikan perhatian pada suatu produk. Sehingga suatu produk harus mampu memberikan kesan pertama yang baik. Toko Retail Modern, misalnya, dapat memiliki ratusan bahkan ribuan merek produk yang bersaing untuk menarik perhatian konsumen.

Itulah beberapa fungsi kemasan yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.


Sumber: berbagai media

Belum ada Komentar untuk "Fungsi dan Kegunaan Kemasan pada Suatu Produk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel